Dokter Melakukan Operasi Tersusah Di Dunia Hanya Berdasarkan Instruksi Melewati SMS

Tuesday, September 21, 2010



Seorang dokter di Inggris mengadakan operasi besar hanya dengan bantuan SMS dari kolega nya sesama dokter. 

David Nott, seorang dokter sukarelawan di Inggris, menyelamatkan nyawa seoarang remaja berusia 16 tahun ketika dia sedang bertugas 24 jam di rumah sakit Medecins Sans Frontieres (MSF) di Rutshuru. 

Lengan pasien nya yang hanya berumur 16 tahun tersebut sudah hampir hilang semuanya dan dalam keadaan infeksi parah. Dr. Nott, 52 tahun, tau bahwa anak tersebut dalam keadaan kritis dengan kesempatan hidup yang hanya 2 atau 3 hari. 

Anak yang tersebut tersebut tidak diketahui secara pasti bagaimana lukanya terjadi tetapi ada yang mengatakan bahwa sang anak di gigit oleh kuda nil ketika memancing. 

Dr. Nott tau bahwa dia harus melakukan operasi amputasi yang besar dan susah yang dia sendiri tidak pernah melakukan nya. Operasi seperti itu hanya pernah dilakukan 10 kali salama ini di Inggris. Maka Dr. Nott pun mengontak Profesor Meirion Thomas dari London's Royal Marsden Hospital yang sudah pernah melakukan operasi tersebut. Sang dokter kemudian membalas nya dan memberikan instruksi langkah demi langkah lewat SMS Ponsel dan Dr. Nott pun mengikuti langkah tersebut dan operasi tersebut berhasil!! Dr. Nott berhasil menyelamatkan nyawa anak berumur 16 tahun dengan instruksi melalui SMS di HP. Wah....benar-benar luar biasa ya.

David Nott with colleagues