7 Alasan Mengapa Kita Tidak Minum Minuman Bersoda

Tuesday, September 21, 2010
Jika anda sering minum minuman bersoda berhati-hatilah mulai saat ini, karena di balik sensasi rasanya yang menyegarkan ada kandungan di dalam minuman besoda yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, mau tau buktinya? Silakan simak 7 alasan mengapa kita tidak minum minuman bersoda:

Merusak Fungsi Gijal
Di amerika sendiri sebagai Negara asal muasal minuman bersoda telah melakukan riset terhadap 3.256 orang. Mereka rutin meminum 2 kali dalam sehari minuman bersoda, danhasilnya menyengangkan sebanyak 30% orang mengalami kerusakan fungsi ginjal, hal ini di sebabkan karena kandungan minuman bersoda yang pada umumnya terkandung pemanis buatan, pewarna buatan, kafein, dan asam fosfat.

Meningkatkan Risiko Diabetes
Kandugan yang terdapat pada minuman bersoda adalah pemanis buatan. Bagi penderita diabetes itu sangat berbahya karena dapat meningkatkan kandungan glukosa dalam darah. Dan itu juga bisa meningkatkan resiko terkena diabetes. Perlu di perhatikan juga biasanya penyakit diabetes sangat mudah memicu penyakit lain, misalkan stroke dan dan jantung koroner.

Gampang Terkena Obesitas
Kandungan yang terdapat dalam minuman bersoda yang membahayakan lainyanya adalah kalori yang tinggi, yang bisa meningkatkan resiko obesitas. Bagi anak-anak juga sangat berbahaya, di Amerika telah diadakan survei bagi keluarga yang terbiasa menyediakan minuman bersoda dalam lemari es mereka, dan hasilnya kebanyakan mereka yang menyediakan minuman bersoda dan anak-anak mereka juga terbiasa meminumnya, hasilnya anak-anak mereka sebagian besar mengalami masalah pada Obesitas. Perlu di ingat juga obesitas merupakan salah satu pemicu dari munculnya penyakit-penyakit lain. Di antaranya diabetes, stroke, kerusakan jantung koroner, dan berbagai penyakit serius lainnya.

Mudah Terkena Risiko Tulang Rapuh

Salah satu kandungan yang terdapat pada minuman bersoda penyebab tulang rapuh adalah asam fosfat, karena asam fosfat dapat melarutkan kalsium yang ada di dalam tulang, sedangkan kalsium sendiri sangat di butuhkan untuk kepadatan tulang, akibatnya cepat atau lambat tulang akan menjadi keropos dan rapuh.

Mudah Terkena Kanker Pankreas
Dalam sebuah penelitian di Amerika yang melibatkan 60.524 orang, mereka meminum minuman bersoda minimal 2 kali dalam sehari, dan hasilnya sangat menyengangkan 87% mengalami peningkatan risiko terhadap kanker pankreas.

Terjadi Kerusakan pada Gigi
Dalam penelitian serupa juga kebanyakan respondenya mengalami kerusakan pada gizi merekan, hal ini tentunya di akibatkan kandungan zat gula dan asam fosfat yang ada di dalam minuman bersoda.

Menjadikan Kita Ketergantungan pada Kafein
Banyak orang yang tidak menhetahuibahwa di dalam minuman bersoda juga terkandung kafein. Sedangkan kafein sendiri berbahaya bagi tubuh karena dapat membuat jantung berdebar, insomnia, tekanan darah rendah, dan lain-lain.

Hiii… Ngeri setelah membaca 7 alasan mengapa kita tidak minum minuman bersoda, kita bisa mulai berhenti tidak minum minuman bersoda dengan mengganti minuman yang menyehatkan, misalkan susu sapi, susu kedelai, air putih, teh hijau, teh hitam, jus buah-buahan, atau yoghurt. Dengan begitu kita menyelamatkan tubuh kita dan keluarga kita dari ancaman penyakit